16
Apr
10

Ischemia

Setelah 1 bulan gw menunggu ketidakjelasan kartu asuransi. Dan selama menunggu ketidakjelasan itu gw masih meminum obat yang dari dokter mata (padahal udah harus di stop). Dan selama ketidakjelasan itu pula badan gw banyak mengalami perubahan yang amad significant, yakni pipi gw yang tadinya tirus jadi bengkak alias tembem, kaya doraemon gitu deh, trus yang lebih parah lagi, tubuh gw mulai ditumbuhi bintik-bintik merah. Gw ga tau apakah itu efek dari obat atau bukan.

Akhirnya gw memberanikan diri datang ke RS. Pondok Indah (RSPI) untuk bertemu dengan Dr. Tuti Suwirno, SpS, dokter yang menyuruh gw untuk MRI kepala waktu itu. Padahal kartu asuransi gw belum keluar juga, tapi gw nekad aja alias gambling, abis gw cape nunggu kartu asuransi ga keluar-keluar. Gw sengaja bertemu dia buat jelasin keadaan yang sebenarnya kalo gw belum bisa mri kepala karena emang harus nunggu kartu asuransi yang ga jelas kapan datengnya. Tapi akhirnya setelah gw telepon ke asuransinya ternyata gw bisa berobat tanpa kartu asuransi selama kartunya masih dalam proses yang tentunya harus confirm dulu sama pihak asuransinya. Sumpe deh gw sebel banget, kenapa sich HRD kantor gw ga ngasih tau, kalo tau gini khan gw bisa langsung berobat dari kapan tau *sigh*. Ya Allah, berikanlah aku kesabaran…

Setelah konsultasi, gw minta dirawat inap, sebenernya sich rawat jalan bisa, tapi karena limit rawat jalan gw ga mencukupi jadi gw pake klaim rawat inap biar ke cover semua biayanya. Secara gw kuli, uang dari mana gw buat mri kepala, foto thorax ap, n periksa darah. Mungkin bisa aja gw ngelakuin itu semua, tapi khan kamu dan kamu udah pada tau semua kalo uang gw udah abis buat berobat kesana kemari selama hampir 4 bulan dan belum ketauan juga penyakitnya apa.

Hari Selasa malam tgl 23 Februari 2010, masuklah gw ke kamar kelas 3 di RSPI. Dari malem gw puasa karena besok pagi gw harus menjalani periksa darah, foto thorax ap, dan ct scan angiography. Lho lho lho koq ga jadi mri kepala ? Yups, Dr. Tuti mengcancel MRI kepala karena dia menduga gw ada kelainan pembuluh darah, maka dari itu dia menyruh gw untuk CT Scan Angiography.

Setelah semua gw lakuin, tinggal gw deg2an menunggu hasil CT Scan. Sampe malem gw dapet kabar ternyata dokter Radiology-nya ga ada jadi belum bisa ngebaca hasil CT Scan gw. Besok paginya dengan santai Dr. Tuti dateng dengan membawa kabar kalo ternyata pembuluh darah gw normal semua. Alhamdulillah kalo hasilnya kaya gitu, tapi disisi lain gw jadi mikir lagi “sebenernya gw sakit apa sich ???” *sigh*.

Setelah dapet kabar itu, dengan segera Dr. Tuti ambil tindakan untuk MRI kepala gw. Pikir gw waktu itu kenapa jadi balik lagi ke MRI ??? Tapi ya sudahlah ikutin apa maunya dokter aja. Setelah 1 hari menunggu, akhirnya pada hari Jumat, tanggal 26 Februari 2010 hasil MRI kepala pun keluar. Dengan terburu-buru dan tergesa-gesa Dr. Tuti nemuin gw untuk kasih kabar. Dan dari hasil MRI kepala itulah baru ketauan kalo selama ini, yang bikin mata gw lumpuh, juling, bengkak, agak sedikit menonjol keluar dan sakit kepala yang amad sangad adalah ISCHEMIA akut.

Ischemia/ischemic adalah suatu kondisi dimana darah yang harusnya sampai ke otak tersumbat sehingga oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah untuk ke otak berkurang. Sehingga menyebabkan matinya beberapa sel otak dan kelumpuhan di bebarapa bagian tubuh. Ischemia ini merupakan salah satu jenis stroke.

Untuk kasus gw, kelainan ischemia yang gw alami letaknya di organ yang bernama ‘pons’. Pons ini sendiri letaknya berada diantara otak dan mata. Maka dari itu kelumpuhan yang gw alami di daerah mata.

Alhamdulillah sekarang pertanyaan gw selama ini terjawab. Penyakit gw sekarang udah ketauan jadi tinggal gimana nyembuhinnya aja. Walaupun sebenernya gw tau penyakit jenis ini emang ga bisa sembuh, paling cuma bisa dicegah biar ga sampe jadi stroke. Karena kata dokter penyakit ini termasuk kategori sub stroke.

Tepat tanggal 3 Maret 2010 gw pulang dari RSPI. Satu minggu gw di opname disana. Kenapa bisa selama itu karena gw dikasih obat injeksi alias disuntik jadi ga bisa dunks dilakuin dirumah kaya minum obat oral🙂

Note : Trima kasih tak terhingga buat my parents n my honey bunny sweety yang udah mau capek bulak balik ke RSPI buat nemenin aku. Trima kasih juga buat kakak-kakakku, saudara-saudaraku, om, tante, n sahabat-sahabatku yang udah mau menyempatkan waktunya buat jenguk aku. Semoga kalian selalu dalam lindungan Allah SWT dan selalu diberi kesehatan oleh-Nya. Amin🙂


6 Responses to “Ischemia”


  1. April 16, 2010 pukul 9:40 am

    Ya Allah sembuhkan saudara saya ini dari penyakit yang dideritanya.Amin
    Sabar ya Semoga Allah cepat menyembuhkan kamu.

  2. April 26, 2010 pukul 5:22 am

    semoga sehat kembali y
    jangan lupa istirahat dan minum obatnya serta berdoa terus tentunya
    salam hangat dari blue

  3. 3 pimpii
    April 26, 2010 pukul 1:06 pm

    terima kasih telah memberikan komentar di blog Dream Indonesia. Maka dengan blog anda sudah ditautkan di Dream Indonesia dan mari meningkatkan pengunjung harian dengan You Are Nice Blogger Award. Cek di http://dreamindonesia.wordpress.com/2010/04/26/nice-idea-tingkatkan-traffic-blog-dengan-you-are-nice-blogger-award/

    Maju Terus Blogger Indonesia

  4. Juli 20, 2010 pukul 7:05 am

    seharusnya judulnya kamu dan aku…..
    http://www.cafemenix.co.cc

  5. Agustus 24, 2010 pukul 9:37 am

    Ada cara-cara mencegahnya, Mbak? Semoga Mbak tetap sehat selalu

  6. Desember 10, 2010 pukul 5:18 pm

    semoga Tuhan selalu menyayangi umatnya, dan memberikan kesembuhan dari segala penyakit.


Tinggalkan Balasan

April 2010
S S R K J S M
« Jan   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Kamu dan Kamu pengunjung ke

  • 119,720 hits

Kamu dan Kamu yang Lagi Online

Kategori Buat Kamu dan Kamu

Arsip Buat Kamu dan Kamu

Kamu dan Kamu…Chat with me yuuukkk…

Kamu dan Kamu….Add Me Please….

Follow me on Twitter

RSS Curhatan ga penting…

  • PhiduT waaaaaaahh baru buka plurk lagi...
  • PhiduT plurk pa kabar ya? *baru buka plurk lg*
  • PhiduT Senangnya bisa bangun siang yay
  • PhiduT Pegel euy...
  • PhiduT abis blanja booo...